Sabtu, 16 April 2016

Kroket Kentang Isi Ayam Mayones

alt Kroket Kentang Isi Ayam Mayones
Kroket Kentang Isi Ayam Mayones
Kroket kentang adalah salah satu makanan yang sering saya buat di rumah. Awalnya sih untuk menyiasati si kecil yang susah makan nasi, maka dibuatlah kroket kentang. Isian kroket kentang sebenarnya bisa apa aja, sayuran selalu saya tambahkan jika diperuntukan untuk si kecil, bisa wortel, brokoli, atau buncis. Untuk kroket kentang isis ayam mayones ini saya menggunakan cabai, tapi jika si kecil tidak suka bisa di-skip penggunaan cabai dan mericanya.

alt Kroket Kentang Isi Ayam Mayones
Kroket Kentang Isi Ayam Mayones
Karena membuat kroket kentang isi ayammayones ini menggunakan bahan-bahan yang ada dan kebetulan di rumah ada stok sosis Bratwurst, sosis yang saya gunakan sosis yang tersedia. Anda bisa mengganti sosis Bratwurst dengan sosis ayam atau sosis sapi. Ayam giling pun bisa diganti dengan daging sapi cincang.  Langsung eksekusi resep kroket kentang isi ayam mayonesnya, yuk!

Bahan Kulit:
500 gram kentang ukuran sedang/besar, kukus
2 sdm margarin
4 sdm tepung terigu
100 gram keju parut
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
Bahan Isi:
250 gram ayam giling
4 buah sosis Bratwurst/sosis ayam/sosis sapi, potong-potong kecil
3 sdm margarin
1 buah bawang bombay, cincang halus
4 siung bawang putih, cincang halus
2 buah cabai merah besar, cincang halus
2 batang daun bawang, iris halus
½ sdt garam
1 sdt gula pasir
¼ sdt merica bubuk
100 mayones

Bahan Pelapis:
400 gram tepung panir/tepung roti
3 butir telur, kocok lepas

Cara Membuat:
  • Kupas kentang yang telah dikukus, lalu haluskan.
  • Bahan Kulit: Panaskan margarin, tambahkan tepung terigu, aduk rata. Masukkan kentang yang telah dihaluskan , keju parut, garam, dan merica bubuk, aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata dengan baik. Cicipi rasanya terlebih dahulu baru angkat dan sisihkan.
  • Bahan Isi: Panaskan margarin, masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis sampai tercium harum. Masukkan ayam giling, aduk-aduk sampai daging ayam berubah warna. Tambahkan sosis, cabai, daun bawang, garam, gula pasir, dan merica bubuk, aduk rata semua bahan, masak sampai matang, diangkat. Campurkan tumisan ayam dengan mayones, aduk rata.
  • Ambil satu sendok makan adonan kulit, bulatkan, tekan bagian tengahnya, beri bahan isian secukupnya, lalu bentuk bulat lonjong. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis dibentuk.
  • Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak. Celupkan kroket ke dalam kocokan telur, gulingkan di atas tepung panir sampai semuanya terbalut panir. Jika suka, Anda bisa mencelupkannya kembali ke kocokan telur lalu menggulingkannya ke atas tepung panir. Artinya, pelapisan dilakukan sebanyak dua kali.
  • Goreng kroket sampai terendam minyak, jangan banyak dibolak-balik, cukup balikkan kroket saat bagian bawahnya terlihat agak kecoklatan.

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic