Senin, 22 Februari 2016

Sambal Dadak (Sambal Terasi Mentah)

Orang Indonesia sangat menyukai sambal, banyak sambal dengan rasa dan cita rasa masing-masing dari tiap daerah seluruh pelosok Nusantara. Makin kesini makin berkembang jenis sambal ini, banyak yang memodifikasi dengan rasa yang tetap lezat. Beberapa sambal yang populer di masyarakat kita di antaranya ada sambal bajak, sambal bawang, sambal dabu-dabu, sambal matah, sambal oncom, dan sambal terasi.

alt img
Sambal Dadak (Sambal Terasi Mentah) ala Dapurnulekker
Sambal bajak dibuat dari bahan-bahan seperti terasi, gula merah, cabai rawit merah, cabai merah, tomat, lengkuas, dan salam. Semua bahan tadi dicampur lalu ditumis dan direbus hingga airnya menyusut dan habis. Rasa khas dari sambal bajak adalah manis pedas karena campuran dari cabe dan gula merah. Sambal ini bisa dimodifikasi dengan adanya tambahan daging giling, petai, tauco, dan bisa juga daun kemangi.

Sambal bawang dibuat dari campuran bawang putih dan cabai rawit yang diulek lalu disiram dengan minyak panas. Sambal bawang disebut juga dengan sebutan sambal korek. Sambal dabu-dabu dibuat dari campuran cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, tomat merah, jika suka ditambahkan juga tomat hijau, dan yang bikin tambah segar adanya tambahan perasan jeruk nipis atau lemon. Sambal dabu-dabu tidak diulek, melainkan diiris kecil-kecil semua bahan tadi, segar dan pedas rasanya. Biasanya sambal ini disajikan bersama ikan bakar.

Sambal matah sekilas hampir sama dengan sambul dabu-dabu, tetapi ada sedikit perbedaan dari bahannya yaitu bawang merah, cabai rawit merah, serai, dan terasi. Setelah semua bahan diiris dan tercampur dengan rata, sambal lalu disiram jelantah panas.

Sambal oncom, selain sebagai cocolan bisa juga dijadikan sebagai lauk. Sambal ini dibuat dari oncom kacang tanah atau oncom hitam yang dibakar atau digoreng terlebih dahulu lalu ditambahkan cabai, kencur, dan bawang merah.

Sambal terasi, sambal yang tak asing lagi bagi kita ini dibuat dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan terasi. Lebih segar lagi jika ditambahkan tomat merah. Sambal ini bisa disajikan mentah, kalau kata orang Sunda mah yang mentah ini disebut sambal dadak, bisa juga digoreng terlebih dahulu baru diulek. Jika mentah, kurangi penggunaan bawang merah. Bahan sambal terasi ini bisa dimodifikasi menjadi sambal teri, sambal petai, dan sambal mangga. Berikut ini saya berbagi resep sambal dadak, sering dijadikan cocolan dengan ditemani nasi liwet atau nasi bakar plus lauk pauk dan lalapan.

Bahan:
1 bungkus kecil terasi, bakar
2 siung bawang putih
8 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
1 buah tomat ukuran kecil atau ½ buah tomat ukuran besar
½ sdt garam atau secukupnya
1 sdt gula merah, diiris halus

Cara membuat:
  • Ulek semua bahan tadi sampai halus, cicipi rasanya sudah pas atau belum.
  • Sajikan.
IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic