Selasa, 15 Desember 2015

Buat yang Suka Pedas, Risoles Spaghetti Rendang Pedas

Pernah dong nyicip rendang? Rasanya yang pedas, gurih, kaya akan rempah selalu dirindukan. Makanan khas Padang ini memang nggak pernah membosankan. Makan nasi hangat dengan rendang udah biasa, nah gimana rasanya kalau saus rendang ini disandingkan dengan spaghetti dan menjadi isian risoles? Rasanya laziz banget! Kali ini, saya akan berbagi resep isian risoles yang ekstrim rasanya dan dijamin bakalan ketagihan.

alt Risoles Spaghetti Rendang Pedas
Risoles Spaghetti Rendang Pedas
Anda bisa menggunakan spaghettini, mirip dengan spaghetti namun ukurannya lebih mini dibanding spaghetti biasa. Selain dengan spaghetti, saus rendang juga enak dipadupadankan dengan kentang rebus atau jenis pasta lainnya.

Tantangan terbesar buat saya ketika memasak adalah tiap kali mengiris bawang-bawangan. Sudah sering masak tapi kalau berhadapan dengan si bawang pasti deh pake acara mewek-mewekan hahaha... udah dicobain pake kacamata hitam pas ngiris bawang teuteup aja air mata ngucur dengan derasnya. Mana dalam membuat saus rendang ini juga menggunakan bawang-bawangan yang tidak sedikit. Tapi semangat menggebu mengalahkan rasa pedih di mata, demi membuat saus rendang yang enak.

Salah satu bumbu yang dimasukkan dalam saus rendang adalah kemiri. Sangrai kemiri untuk mengurangi racun yang terkandung di dalamnya. Cara yang saya gunakan, bumbu rendang ditumis terlebih dahulu baru dihaluskan dengan blender, kemudian dimasak kembali dengan tambahan daging. Sedangkan spaghetti ditumis dengan irisan bawang putih, jamur kancing yang rasanya enak dan kenyal, tambahan krim, lada hitam, spaghetti yang telah direbus, keju parmesan yang telah diparut, dan peterselli cincang. Dari krim inilah rasa gurihnya berasal, sedangkan tambahan keju parmesan dan peterselli membuat aromanya wangi. Aduk spaghetti dengan saus rendang, rasanya bikin merem melek. Citarasa Indonesia dengan citarasa western bersatu menjadi satu rasa yang aduhai nikmatnyaaa.... Nggak percaya? Cobain deh resepnya di rumah.

Bahan:
Minyak untuk menggoreng

Isi:
1 ½ liter air
1 sdm minyak zaitun
250 gram spaghetti kering
100 gram jamur kancing
50 gr keju parmesan
5 lbr daun basil segar, iris kasar
1 sdm peterseli cincang
200 ml krim kental
1 sdt lada hitam/blackpaper, tumbuk kasar

Saus Rendang:
½ sdt pala bubuk
6 btr kemiri, sangrai
75 gram cabe merah keriting
10 buah jalapeno
5 cm lengkuas
5 siung bawang putih
1 batang serai
½ sdt jinten
2 cm jahe
10 btr bawang merah
3 cm kunyit
1 sdt gula pasir
1 sdm gula merah
½ sdt lada hitam
1 sdt garam
300 gram daging sapi cincang
6 lbr daun jeruk
600 ml santan kental
5 cm kayu manis

Kulit:
400 gram tepung terigu protein sedang
4 telur
1 sdt garam
800 ml susu cair
2 sdm mentega tawar, lelehkan
1 sdt gula pasir
Lapisan:
2 butir telur ayam, kocok lepas bersama 8 sdm air
250 g tepung roti

Cara Membuat:
  1. Isi: Iris cabe, bawang putih, kemiri,jahe, bawang merah, lengkuas, jalapeno, lalu tumis. Masukkan serai, lada hitam, kunyit, pala, kayu manis, daun jeruk, dan santan. Aduk hingga rata. Ambil serai, kayu manis, dan daun jeruk, lalu simpan di mangkok.
  2. Haluskan bumbu tadi dengan menggunakan blender sampai halus.
  3. Sangrai bumbu halus. Tambahkan kembali serai, daun jeruk, kayu manis, dan daging sapi cincang. Masak sampai saus rendangnya berminyak.
  4. Rebus spaghetti dengan tambahan 1 sdt garam dan 1 sdm olive oil. angkat, sisihkan.
  5. Tumis bawang putih, jamur kancing, krim, lada hitam, spaghetti, keju parmesan, dan peterseli. Aduk rata.
  6. Campur tumisan spaghetti dengan bumbu rendang. Sisihkan.
  7. Kulit Risoles: Anda bisa lihat pada resep Risoles Smoked beef Mayo.
  8. Penyelesaian; Ambil kulit risoles, beri isian spaghetti rendang secukupnya sekitar 2 sdm, lipat bentuk amplop dan rapatkan bagian ujungnya dengan olesan telur, celupkan pada kocokan telur, gulingkan pada tepung panir/tepung roti. Lalu, goreng hingga kecoklatan.

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic