Minggu, 13 Maret 2016

Nastar Pandan Coklat

Jika selama ini kue kering nastar lebih identik dengan isian selai nanas, ternyata dimodif menjadi nastar dengan tambahan pasta pandan enak juga, dikasih isian coklat atau selai kacang rasanya mantap. Selai kacang di sini dibuat dari kacang tanah berkulit yang digoreng dicampur dengan gula pasir lalu dihaluskan. Jika selai kacang untuk roti biasanya ditambahkan minyak sayur atau goreng beberapa sendok hingga teksturnya lebih basah, nah selai kacang untuk isian nastan pandan coklat ini tidak basah karena tidak ditambahkan minyak.

alt Nastar Pandan Coklat
Nastar Pandan Coklat
Anda bisa mengintip pembuatan pasta pandan homade pada resep kue kering semprit pandan keju. Pasta pandan bisa juga dipakai dalam kemasan siap pakai, lebih praktis, namun tentu saja wangi pandannya tidak sewangi pasta pandan buatan sendiri. Pasta pandan juga bisa diganti dengan warna hijau yang serupa dari bubuk green tea, disebut dengan nastar green tea, takarannya sama yaitu satu sendok teh.

Membuat nastar pandan coklat saya menggunakan margarin dan mentega dengan takaran sama banyaknya. Margarin dan mentega memang berbeda meskipun secara kasat mata rupanya benar-benar sama. Mentega sering disebut butter yang terbuat dari lemak hewani (susu sapi), sedangkan margarin terbuat dari lemak nabati yaitu tumbuh-tumbuhan. Penggunaan margarin pada kue kering akan menghasilkan kue yang stabil dan kokoh, tidak mudah hancur, sementara penggunaan mentega pada kue kering akan membuat kue gurih dan renyah tetapi sangat mudah hancur. Untuk menghasilkan kue kering yang stabil, kokoh, renyah, gurih, dan tidak mudah hancur maka takarannya sebaiknya sebanding, jika margarin 50 gram maka penggunaan mentega pun 50 gram.

Bahan:
100 gram mentega
100 gram margarin
2 butir kuning telur
2 sdm susu bubuk
50 gram gula halus, ayak
350 gram tepung terigu, ayak
1 sdm tepung maizena, ayak
1 ½ sdt pasta pandan

Bahan Isi:
Dark cooking chocolate yang dicacah kasar atau selai kacang

Bahan Olesan:
50 gr cokelat masak putih, dilelehkan
50 gr cokelat masak pekat, dilelehkan

Cara membuat kue nastar:
  • Siapkan loyang, olesi dengan margarin atau baking paper, sisihkan.
  • Kocok telur, gula, mentega dengan menggunakan mixer sampai semua bahan tercampur rata. Masukkan tepung maizena, tepung terigu, vanili bubuk, dan susu bubuk. Aduk rata, pastikan semuanya benar-benar tercampur.
  • Ambil sedikit adonan, bentuk bulat dan isi dengan coklat atau selai kacang secukupnya.
  • Letakkan adonan kue nastar yang telah dibentuk bulat ke atas loyang. Panggang kue dengan suhu oven 175 derajat celcius. Tunggu sekitar 20 menit atau sampai kue matang.
  • Angkat kue nastar dan dinginkan. Celupkan kue nastar pandan coklat ke dalam coklat masak putih yang telah dilelehkan, setelah agak membeku beri coretan coklat masak pekat di atasnya,lakukan hal yangsama pada nastar pandan coklat yang lainnya.
  • Masukkan ke dalam toples jika nastar sudah benar-benar dingin.
IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic