Jumat, 01 Januari 2016

Rujak Bebeg BEC Mang Mahmud


Mang Mahmud, nama penjual rujak bebeg BEC ini menuturkan bahwa ia mangkal berjualan rujak di sana sejak dari berdirinya BEC dibangun, 15 tahun yang lalu. Mang Mahmud asli orang Limbangan yang ngontrak di Jatayu Bandung, mengais rejeki dengan berjualan rujak bebeg. Dari zaman masa saya masih kuliah, 14 tahun yang lalu, rujak bebeg ini selalu menjadi incaran di kala pengen makan yang seger-seger asem pedes.

Berhubung rute angkot yang saya tumpangi dari arah kampus UPI menuju Antapani memang menggunakan dua kali naek angkot. Dari ledeng naek angkot kalapa-ledeng, turun di jln. Purnawarman terus naek angkot Antapani-Ciroyom. Di jalan Purnawarman inilah saya selalu menyempatkan untuk membeli rujak bebegnya Mang Mahmud. Kalau dulu sih waktu awal-awal harga rujak bebeg ini masih Rp 3000,- satu porsi, dari tahun ke tahun harga naik  terus, nah kalau sekarang per porsinya dibandrol Rp 7000,-

Rujak bebeg Mang Mahmud pada umumnya sama dengan rujak bebeg lainnya, yang berbahan dasar dari perpaduan buah-buahan lokal yaitu ubi jalar, pisang batu, jambu air, mangga muda, kedondong, bengkuang, dan nanas. Cuma Mang Mahmud ini menurut saya salah satu pedagang yang cukup ramah dengan pembeli, tak jarang banyak pembeli yang tampaknya sudah menjadi langganannya bersenda gurau dengan Mang Mahmud ini. Mungkin karena kelihaian Mang Mahmud dalam memberi takaran yang pas pada bumbunya, rujak bebegnya terasa enak.



Jika tak suka pedas penggunaan cabe rawit bisa di skip, atau jika tak suka terasi tinggal request aja sama Mang Mahmud. Mang Mahmud akan mulai memasukkan bahan bumbunya terlebih dahulu, gula merah, garam, asem Jawa, terasi, dan cabe rawit, lalu ditumbuk dengan alu kecil. Barulah ia memotong-motong beberapa buah-buahan seperti bengkuang, ubi jalar, pisang batu, dan buah lainnya, kemudian ditumbuk. Buah-buahan ditumbuk kasar, diaduk-aduk agar merata dengan bumbu, lalu dibungkus. Rujak bebeg Mang Mahmud mulai mangkal di jalan Purnawarman tepat di depan gedung BEC dari jam 11 sampai maghrib.

Rujak Bebeg BEC Mang Mahmud
Jln. Purnawarman No. 13
Bandung

Jam Buka (tiap hari):
11.00- 18.00
Harga
Rp 7.000

Peta lokasi

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic