Kamis, 31 Desember 2015

Corn Flakes Lemon Cookies

Resep kue kering yang satu ini favorit cemilan di keluarga kecil saya, terutama anak-anak sangat menyukainya. Berawal dari hobi anak-anak yang gemar makan kue yang selalu beli di supermarket buat cemal-cemil, saya mencoba membuatnya sendiri. Beli kue yang ada di supermarket memang memiliki rasa manis yang sangat manis menurut saya. Terkadang kalau makan kue kan suka nyelip-nyelip gitu di gigi, khawatir gigi anak-anak jadi rusak. Kalau bikin sendiri takaran gula kan bisa dikurangi. 

alt img
Corn Flakes Lemon Cookies
Resep kue kering corn flake lemon ini menggunakan bahan corn flakes tentunya, air perasan dan kulit jeruk lemon. Biasanya, cornflakes tersedia dalam kemasan dan curah. Cornflakes merupakan sereal yang umumnya digunakan untuk sarapan. Corn flakes yang digunakan untuk bahan kue sebaiknya dipilih yang jenis tipis dan rasanya tawar. Jika Anda hendak menyimpannya, tidak langsung dipakai, simpan cornflakes supaya tidak melempem dalam wadah kedap udara.

Lemon yang digunakan untuk kue sebaiknya pilih lemon yang berwarna kuning tua, permukaan kulitnya halus dan tidak ada bercak. Cara mudah memarut kulit lemon adalah dengan menggunakan parutan khusus sehingga kulit lemon akan terkikis dengan baik karena parutan khusus ini mempunyai sisi pisau yang tajam dan lubang yang berfungsi untuk menarik kulit lemon. Ketika memarut lemon hati-hati jangan sampai serat bagian putihnya ikut terkikis karena rasanya pahit, cukup parut bagian kuning cerahnya saja.sedangkan untuk mendapatkan air perasan jeruk lemon yang banyak, pilih lemon dengan cara ditekan pelan-pelan apakah lemon tersebut keras atau tidak, jika keras berarti air perasannya sedikit.

Bahan:
300 gram corn flake, remas-remas kasar, sisihkan
1 sdm parutan kulit jeruk lemon
1 sdm susu bubuk full cream
2 butir kuning telur
1 sdt air jeruk lemon
150 gram tepung terigu protein sedang
200 gram mentega
50 gram mentega putih/tawar
90 gram gula halus
1 sdt baking powder

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang, olesi dengan mentega, sisihkan.
  2. Campur mentega, mentega putih, dan gula halus, kocok dengan mixer hingga lembut. Tambahkan  telur, kocok lagi sebentar saja, masukkan baking powder, lalu kocok dengan kecepatan tinggi, tak perlu mengocoknya lama, cukup sebentar saja.
  3. Tuang air jeruk lemon dan kulit jeruk lemon parut, aduk sampai merata. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata kembali.
  4. Untuk mencetak adonan, ambil satu sendok adonan, bulatkan lalu gulingkan ke atas corn flakes yang telah diremas kasar tadi, pipihkan dengan garpu dan tata dalam loyang. Lakukan hal serupa hingga adonan habis.
  5. Panggang kue dalam oven dengan suhu 160 derajat celsius hingga matang.

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic