Rabu, 29 Juni 2016

Kue Sus Keju

alt Kue Sus Keju
Kue Sus Keju 

Kue sus keju ini primadonanya kue di rumah. Baru beberapa menit aja keluar dari oven, satu jam kemudian bisa ludes seketika. Apalagi kalau kue sus keju ini diberi isian fla, hmmm endeussss banget. Tapi, kalaupun cuma dimakan tanpa isian, kue ini juara rasanya. Proses pembuatan kue sus keju begitu cepat, pastikan oven dipanaskan terlebih dahulu ya dengan suhu 200 derajat celcius, biar ketika kue sus selesai dicetak bisa langsung dipanggang.

Pada kue sus keju ini enak jika ditambahkan bawang putih goreng, bisa di skip juga jika tak suka. Yang jelas, penambahan bawang goreng ini bisa menambah rasa jadi lebih gurih. Penggunaan tepung terigu untuk kue sus keju ini bisa menggunakan tepung terigu protein rendah jika ingin hasilnya nanti renyah, jika ingin empuk gunakan tepung terigu protein sedang. Mencetak kue sus bisa sesuai selera, kecil-kecil juga boleh, hasilnya setelah dipanggang akan lebih kering dan kriuk. Tapi jika dicetak besar-besar, kue susnya memang tidak akan sekering yang berukuran kecil.

Beri jarak antar satu kue dengan kue yang lainnya di loyang agar tidak saling menempel ketika kue matang. Nah, Jika kue sus keju akan disimpan di toples, pastikan kuenya dalam keadaan sudah dingin biar kue nggak melempem. Kue yang dimasukkan ke dalam toples ketika belum dingin akan menyebabkan toples beruap dan basah.

Bahan:
250 ml air
100 gram margarin
¼  sendok teh garam
½  sendok teh kaldu ayam bubuk
125 gram tepung terigu
½  sendok teh bawang putih bubuk
1 sendok teh baking powder
4 butir telur
75 gram keju parut, diangin-anginkan
1 sendok makan bawang putih goreng, dicincang (optional)

Cara Membuat:
1. Dalam sebuah panci, panaskan air, margarin, garam, dan kaldu ayam sampai mendidih. Matikan api. 
2. Masukkan tepung terigu. Aduk rata. Nyalakan api. Masak sebentar sampai kalis. Angkat dan biarkan hangat.
3. Masukkan telur satu per satu, bawang putih bubuk, dan baking powder sambil dikocok rata. Tambahkan keju parut dan bawang putih goreng. Aduk rata.


4. Masukkan dalam kantong plastik segitiga. Semprot dengan spuit di atas loyang yang dioles tipis margarin


5. Panggang kue sus keju dengan api bawah suhu 200 derajat Celcius 15 menit. Kemudian turunkan ke suhu 130 derajat Celcius, panggang kira-kira 20 menit atau sampai kue kering. 

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic