Sabtu, 26 Desember 2015

Membuat Kue Putri Salju yang Gampang

Membuat kue sambil melibatkan anak-anak memang seru, banyak nanya, ini namanya apa itu gunanya buat apa. Seperti saat saya membuat kue putri salju. “Mih, nanti kue putrinya dipakein salju dong ya? nggak kedinginan emangnya? Mamih bikin sendiri saljunya? Dari es? Atau dari apa?” tanya si cikal, Rezky. “Iya, nanti kuenya kita taburin salju ya, saljunya kita bikin sendiri dari gula pasir, gulanya dihaluskan dulu pake blender sampai halus,” jawab saya. “Jadi nggak pake es? Katanya putri salju?” tanya Rezky lagi. “Bukan es sayang, disebut kue putri salju karena nanti setelah kuenya dipanggang, kuenya ditaburi gula halus, warna putih dari gula yang banyak itulah jadi keliatannya kaya salju,” terang saya.
alt img
Kue Putri Salju
Membuat kue putri salju terbilang gampang. Pastikan Anda selalu mengayak tepung terlebih dahulu agar tidak ada tepung yang menggumpal, bergerindil atau berbutir-butir dan sebaiknya tepung diayak sebelum ditakar. Mengayak tepung berfungsi menyaring kotoran dan nantinya akan memudahkan tepung bercampur dengan adonan lain. Dalam resep putri salju ini saya menambahkan sedikit tepung maizena biar kuenya terasa lebih renyah.

Bahan:
5 kuning telur
75 gram keju edam parut
75 gram keju cheddar parut
½  sendok teh garam
300 gram tepung terigu, ayak
45 gram tepung maizena, ayak
300 gram mentega
Gula halus untuk taburan

Cara membuat:
  1. Dengan menggunakan mixer kocok mentega hingga lembut, tambahkan kuning telur, kocok terus hingga mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena sedikit demi sedikit, aduk hingga rata dengan menggunakan spatula.
  3. Tambahkan parutan garam, keju edam, dan keju cheddar, aduk rata kembali hingga menjadi adonan yang kalis dan mudah dibentuk. Anda bisa langsung mengaduk adonan dengan menggunakan tangan.
  4. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Siapkan Loyang, oles permukaan Loyang dengan mentega.
  5. Bagi adonan menjadi dua, pipihkan adonan dengan menggunakan rolling pan dengan ketebalan sekitar 0,5 cm di atas talenan, gunakan plastik bening pada talenan dan taburkan sedikit tepung agar tidak lengket.
  6. Cetak adonan dengan menggunakan cutter cookies bentuk bulan sabit atau bentuk apa saja sesuai selera Anda. Lakukan hingga adonan habis.
  7. Susun adonan yang telah dicetak di atas Loyang yang telah dioles mentega. Panggang kue selama 20 menit atau sampai matang.
  8. Dinginkan kue dalam suhu ruangan. Beri taburan gula halus ketika kue sudah dingin. Sajikan.

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic