Sabtu, 04 Maret 2017

Kue Bugis yang Manis

Dulu, waktu masih kecil, mamah selalu membuat kue bugis salah satu jenis makanan manis favorit di rumah. Kue bugis dari ketan hitam dengan isian parutan kelapa yang manis. Favorit banget rasanya, apalagi kalau ditemani dengan air hangat, ah nikmat banget. Hampir semua kue tradisional saya suka termasuk kue bugis. Sekarang, kue bugis diramu dengan resep yang lebih enak. Jika dulu saya sering mengonsumsi kue bugis dari ketan hitam, kini makanan manis kue bugis tampil lebih cantik, putih dan hijau, rasanya bikin nyandu. Vla santannya terasa sangat gurih, cita rasa semakin menggoda kala tercium aroma pandan dari tepung ketan si hijaunya. Saya sering membelinya di toko kue khusus jualan kue-kue tradisional. Berawal dari nyicip-nyicip, akhirnya bikin sendiri jenis makanan manis ini, lebih puas karena hasilnya jauh lebih banyak dan yang pasti lebih hemat.


alt kue bugis dapurnulekker

Bahan:
250 gr tepung ketan
1 sdt garam
100 ml air daun pandan
100 ml santan kental hangat
2 sdt pasta pandan
2 sdm minyak
daun pisang untuk membungkus secukupnya

Bahan Isi:
75 ml air
100 gr gula merah
50 gr gula pasir
1 lbr daun jeruk
1 lbr daun pandan
2 sdt garam
200 gr kelapa setengah tua, kupas dan parut memanjang
2 sdm tepung ketan

Bahan Vla Santan:
250 ml santan kental
2 sdt garam
1 sdm tepung beras
1 lembar daun pandan

Cara Membuat:

  1. Isi kue bugis: Masak air, gula merah, gula pasir, daun jeruk, daun pandan dan garam dengan api sedang hingga mendidih dan gula larut. Masukkan parutan kelapa, aduk rata. Tambahkan tepung ketan, masak hingga adonan menjadi pekat dan air habis. Angkat dan dinginkan.
  2. Vla santan: Siapkan panci, masukkan semua bahan vla dan aduk hingga rata. Masak vla dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga kental dan muncul letupan-letupan. Angkat dan dinginkan. Gunakan panci yang berkualitas bagus agar hasilnya bisa maksimal. Panci yang biasa tim dapurnulekker gunakan, bisa Ibu-ibu beli di sini.
  3. Adonan kue: Ambil  air pandan sebanyak 100 ml, tambahkan santan hangat, pasta pandan dan minyak, aduk hingga rata.
  4. Siapkan mangkuk, masukkan tepung ketan dan garam, aduk rata. Tuangkan sedikit demi sedikit campuran air pandan dan santan sambil adonan diuleni hingga kalis. Ambil setengah sendok makan adonan, bulatkan lalu pipihkan. Beri isi.  Bulatkan kembali. Kukus bola-bola adonan selama 20 menit hingga matang. Angkat.
  5. Siapkan daun pisang atau plastic bening, tuangkan 1 sendok makan adonan vla, letakkan sebuah bola adonan. Tutup bola adonan dengan sedikit vla. Bungkus kue seperti ketika hendak membuat bothok lalu semat rapat. Kukus selama 15 menit. Angkat dan kue siap disajikan.
IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic