Rabu, 06 Januari 2016

Sedapnya Ayam Bakar Saus Cabai Bikin Baper

Ayam bakar yang nikmat adalah ayam yang dibakar di atas bara api. Wanginya itu loh semriwing pas dibakar, bikin perut keroncongan. Untuk membuat ayam bakar, Anda bisa menggunakan ayam negeri, pilihlah ayam yang berukuran kecil dengan daging yang tidak terlalu tebal supaya ayam matang sempurna secara keseluruhan. Anda pun bisa menggunakan ayam kampung, sama halnya dengan ayam negeri, pilihlah ayam kampung yang tidak terlalu gemuk, dan konon katanya yang sedap dijadikan ayam bakar adalah ayam kampung betina. Selain ayam negeri dan ayam kampung, Anda bisa menggunakan ayam pejantan, usahakan pilih ayam pejantan yang tidak terlalu tua agar daging ayam cepat empuk.

alt Ayam Bakar Saus Cabai
Ayam bakar saus cabai ala Dapur Nulekker
Proses membumbui ayam bakar bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan proses pengungkepan dan yang kedua melalui proses perendaman di dalam bumbu. Pengungkepan adalah ayam yang direbus bersama bumbu dan memiliki beberapa keuntungan. Keuntungannya di antaranya ayam dipastikan matang sempurna apalagi jika yang digunakan jenis ayam kampung dan  bumbu lebih meresap. Tapi, ayam bakar yang melalui proses pengungkepan jadi lebih terasa sebagai ayam rebus ketimbang ayam panggang.

Untuk ayam bakar dengan cara direndam dulu dengan bumbu dalam waktu yang lama, hal ini memang dimaksudkan agar bumbu meresap ke dalam ayam. Namun tentu saja bumbu yang meresap tidak akan sebanyak dengan ayam melalui proses pengungkepan dan daging pun tidak akan seempuk ayam yang diungkep terutama jika Anda menggunakan ayam kampung dan ayam pejantan. Kelebihan lewat perendaman ini ayam jadi benar-benar terasa sebagai ayam panggang.

Jika ayam yang langsung dibakar dengan menggunakan jenis ayam kampung dan pejantan bisa melakukan trik terhadap kedua ayam tersebut. Caranya dengan mememarkan badan ayam terlebih dahulu sampai benar-benar memar supaya nanti ketika dibakar panasnya bisa masuk ke seluruh badan ayam. Sedangkan agar ayam cepat empuk tambahkan sedikit baking powder double acting ke dalam bumbu rendaman. Berikut resep ayam bakar saus cabai.

Bahan:
1 ekor ayam, potong 6 bagian
2 sdt air jeruk limau
1 sdt garam
500 ml air kelapa
½ sdm gula merah sisir
2 sdm minyak sayur untuk menumis

Bumbu halus:
1 sdt garam
100 gram bawang merah
30 gram bawang putih
50 gram cabe merah  besar, buang bijinya
30 gram cabe merah keriting
4 butir kemiri, sangrai
½ sdt baking powder double acting (optional)

Cara membuat:
  • Cuci bersih ayam, lumuri ayam dengan air jeruk limau dan garam. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak sayur hingga tercium harum. Tambahkan air kelapa, garam, dan gula merah. Masak sampai mendidih. Masukkan ayam, masak sampai bumbu meresap. Gunakan api kecil agar ayam matang merata dan tidak hancur.
  • Bakar ayam di atas bara api sambil dioles sisa bumbu sampai harum.
  • Sajikan dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan.
IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic