Rabu, 27 Januari 2016

Risoles Steak Ayam Saus Jamur

Buat saya, membuat risoles itu ada keasyikan sendiri. Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa membuat risoles itu terbilang ribet apalagi membuat adonan kulitnya, takarannya harus tepat, belum lagi harus mencetak kulit dadarnya yang lumayan memakan waktu yang lama. Tapi kalau kita udah suka dan dibawa happy pas bikinnya semua yang ribet-ribet itu akan hilang. Karena saya memang ngefans banget sama risoles, isian risoles dibuat bervariasi salah satunya membuat risoles steak ayam saus jamur.

Risoles Steak Ayam Saus Jamur ala Dapur Nulekker
Untuk risoles steak ayam saus jamur, saya mencoba menambahkan sedikit pewarna makanan pada adonan kulitnya. Biar ada nuansa warna-warninya saya buat beberapa warna, ada hijau, merah, kuning, biru, ungu, dan orange. Isiannya yaitu fillet ayam yang dipanggang dulu dengan saus jamur. Jamur yang saya gunakan adalah jamur kancing kalengan. Agar ayam matang merata saat dipanggang, pukul-pukul dulu ayam dengam hammer sampai agak tipis, taburkan seasoning seperti merica hitam yang ditumbuk kasar dan garam.

Jika Anda tidak menggunakan blender untuk menghaluskan adonan kulit risoles, Anda bisa melakukannya secara manual yaitu dengan mengaduk-aduk adonan sampai tepung halus dan lembut, saring adonan agar tepung yang berbutir-butir kecil terpisah dengan adonan tepung yang halus. Sebelum memasukkan adonan ke pan, panaskan terlebih dahulu wajan dengan api kecil hingga terasa agak panas, baru tuangkan satu sendok sayur adonan ke wajan.

Perhatikan cara menggoreng risoles, risoles digoreng dalam minyak banyak, dimana seluruh permukaan badan risoles tertutup minyak. Gunakan suhu api sedang, jangan terlalu besar juga jangan terlalu kecil. Api yang terlalu besar akan membuat kulit risoles mudah gosong, sementara api yang kecil akan membuat risoles menyerap minyak lebih banyak. Selalu tiriskan risoles setelah digoreng di atas tisu agar minyak benar-benar terserap.

Bahan:
Minyak untuk menggoreng

Isi:
500 gr fillet ayam
1 sdt garam
1 sdt merica hitam, tumbuk kasar
2 sdm margarin
½ butir bawang bombay, cincang halus
2 sdm tepung terigu
150 ml air kaldu ayam
100 gram jamur kancing kalengan, potong kecil
50 ml krim

Kulit:
500 gram tepung terigu protein sedang
5 telur
1 sdt garam
900 ml susu cair
2 ½ sdm mentega tawar, lelehkan
2 tetes pewarna biru

Lapisan:
2 butir telur ayam, kocok lepas bersama 2 sdm air
250 gram tepung roti

Cara Membuat:
  • Isi: Lebarkan fillet ayam, pukul-pukul sampai agak tipis. Kemudian, taburi garam dan merica hitam. Panaskan margarin, masak fillet ayam sampai kedua sisinya kuning kecoklatan. Suwir-suwir ayam. Angkat.
  • Masak bawang bombay ke dalam wajan bekas memasak ayam. Tambahkan tepung terigu, aduk rata sampai kecoklatan. Beri air kaldu dan jamur kancing, aduk rata kembali. Masak hingga mendidih. Tuangkan krim. Masukkan ayam, aduk rata.
  • Kulit: Campur tepung terigu, telur, garam, dan mentega tawar leleh. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga adonan rata dan lembut atau blend hingga adonan halus.
  • Panaskan wajan dadar di atas api kecil, olesi sedikit margarin. Buat dadar tipis-tipis.. Masak hingga matang, angkat. Lakukan hingga adonan habis.
  • Penyelesaian: Ambil satu lembar kulit risoles, isi dengan 1 sdm adonan isi, lipat kedua sisinya, gulung sambil rapatkan dengan olesan telur.
  • Celupkan ke dalam telur kocok, gulingkan ke dalam tepung roti hingga tersalut rata.
  • Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga risoles matang. Angkat, tiriskan.

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic