Jumat, 25 Desember 2015

Sayuran Bumbu Pecel

Lagi-lagi, resep kali ini saya dapet dari bumer, ibu mertua, resep pecel. Bahan-bahannya mudah didapat, murah pula. Saya suka beli di mang sayur yang lewat depan rumah tiap pagi untuk bahan sayur pecel ini. Beli kacang tanah dua bungkus, satu bungkus sekitar 1 ons alias 100 gram, harga per bungkusnya @3500, toge @1500, kacang panjang @1500, kangkung @1500, kol @1500, selada air @1000, labu siam @2000, kentang @1000, dan tahu satu bungkus harganya @3000. Bahan buat sayur pecel bisa sekitar 25 ribulah plus bumbunya. Bumbunya cukup simple, ada kencur, terasi, gula merah, cabe rawit, bawang putih, dan garam. Bisa untuk makan siang sama makan malem. Hemat, kan?
alt Sayuran Bumbu Pecel
Sayuran Bumbu Pecel
Resep pecel dari bumer sama dengan bumbu untuk bikin lotek. Bumbu yang menurut saya sangat simple karena ngga pake cabe keriting, daun jeruk, tapi rasanya sangat enak. Sayuran yang digunakan pun bisa yang direbus terlebih dahulu atau kalau suka sayuran mentah. Kalau sayuran mentah biasanya terdiri atas kol, toge, terong hijau, dan timun.

Bumbu kacangnya sangat pas dikasih potongan tahu goreng dan disajikan dengan kerupuk udang kecil. Katanya, bumbu yang diulek itu lebih nikmat daripada yang dihaluskan dengan blender. Cuma karena demi keefektifan waktu biar bisa ngerjain ini itu, ngga pake lama dan ngga pake pegal, saya selalu menghaluskan kacang tanah dengan menggunakan food processor, lebih praktis. Tinggal mengulek kacang tanah halus tadi di cobek dengan tambahan bumbu lainnya. Tapi jika Anda ingin merasakan sensasi mengulek bumbu tak masalah, bisa jadi ajang olah raga tangan kan?

Ada beberapa cara dalam mengolah bumbu kacangnya ini. Pertama, Anda bisa menghaluskan semua bahan bumbu kacang dengan blender atau food processor, kedua cuma menghaluskan kacang tanah gorengnya saja lalu nanti tinggal pake cobek, diulek dengan bumbu lainnya. Yang terakhir, Anda bisa mengulek semua bumbu kacang di cobek. Silakan pilih cara sesuai kemauan Anda.

Saya tuh salut banget sama tukang lotek. Ada tukang lotek/pecel, seorang ibu paruh baya langganan saya dekat rumah yang lumayan laris manis. Si ibu ini benar-benar mengulek bumbu lotek dan melayani banyak pembeli, kacang tanahnya masih utuh, perlu tenaga ekstra kan buat ngulek bumbunya apalagi ini ngulek untuk banyak pembeli. Padahal kacang tanah sebetulnya bisa disiasati agar mengulek tak terlalu pegal, yaitu dengan menghaluskannya pake blender atau food processor. Namun, rupanya disinilah khasiatnya kenapa lotek langganan saya itu banyak pembelinya, karena diulek itulah lotek/resep pecel ini rasanya ajip. Pernah kacang tanahnya diblender tapi banyak pembeli yang komplen karena rasanya jadi tak seenak diulek, kata ibu tukang lotek.

Bahan sayur pecel:
Minyak untuk menggoreng
Air untuk merebus
150 gram tahu, goreng
150 gram kol, iris halus, seduh air panas
150 gram taoge, buang akarnya, seduh air panas
150 gram selada air, seduh air panas
150 gram kacang panjang, siangi, potong 2 cm, rebus
150 gram labu siam. potong-potong, seduh air panas
1 buah kentang, rebus, lalu potong-potong
2 butir telur ayam, rebus, kupas, potong membujur 2 bagian
1 buah jeruk sambal

Bumbu kacang:
3 siung bawang putih
200 gram kacang tanah goreng
8 buah cabe rawit
1 sdt garam
3 cm kencur
1 bungkus terasi kecil
1 sdt gula merah
100 ml air matang
1 sdm kentang/ubi rebus

Cara Membuat:
  1. Siapkan cobek, ulek kencur, terasi, gula merah, garam, bawang putih, cabe rawit. Tambahkan 1 sdm kentang/ubi rebus dan kacang goreng, ulek kembali hingga halus.
  2. Tuangkan air matang secara bertahap, aduk bersama bumbu kacang, jangan terlalu encer. Beri perasan jeruk sambal, aduk kembali. Jika dirasa bumbu kacangnya memiliki kekentalan yang pas, cicipi rasanya, apakah sudah pas atau belum.
  3. Masukkan campuran sayuran yang telah direbus secukupnya lalu pindahkan ke dalam piring.
  4. Sajikan dengan nasi hangat dan kerupuk.


IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic