Jumat, 25 Desember 2015

Pepes Nasi Merah Seafood

Resep pepes nasi merah ini bisa dibilang resep pepes andalan saya untuk dibawa ketika piknik ke alam terbuka atau piknik ke kebun binatang bersama keluarga. Nggak perlu jajan lagi diluaran biar hemat, cukup membawa pepes nasi merah ini sudah cukup membuat perut kenyang.

alt Pepes Nasi Merah Seafood
Pepes Nasi Merah Seafood
Memasak beras merah perlu trik biar nasinya pulen, maklum  beras ini memiliki tekstur yang keras dibanding beras putih. Jika Anda menggunakan 1 gelas merah maka banyaknya air yang digunakan adalah 4 gelas. Atau mencampur beras putih dengan beras merah pun bisa, 1 banding 1, misalnya beras merah 100 gram, banyaknya beras putih adalah 100 gram juga. Pada dasarnya resep pepes nasi merah ini sama dengan nasi goreng karena proses memasaknya nasi yang digoreng dulu dengan bumbu baru dibungkus daun pisang lalu dibakar.

Pastikan daun pisang dipanaskan terlebih dahulu di atas kompor sampai lemas, hal ini dilakukan agar ketika membungkus nasi, daun tidak mudah robek. Jika Anda termasuk orang yang alergi seafood, penggunaan cumi dan udang bisa diganti dengan daging ayam yang dipotong-potong kecil atau di skip, rasanya tetap lezat. Cara membuatnya resep pepes ini gampang banget, tinggal siapkan bahan lalu langsung eksekusi, deh. Selamat mencoba ya!

Bahan:
150 gram cumi, potong bentuk cincin
150 gram udang ukuran sedang, potong kecil
500 gram nasi merah, siap pakai
2 sdm minyak untuk menumis
8 buah bawang merah, iris tipis
2 buah cabai merah, iris tipis serong
1 sdm kecap ikan
1 sdt kecap asin
Garam secukupnya
½ sdt lada bubuk
4 siung bawang putih, iris tipis
3 batang serai, ambil bagian putihnya, iris tipis
2 lembar daun salam
4 cm lengkuas, iris tipis
3 cm jahe, iris tipis,
10 buah cabai rawit merah
3 buah cabai hijau, iris tipis serong
Daun pisang untuk membungkus
Lidi untuk menyemat

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan serai, daun salam, lengkuas, dan jahe, aduk rata. Tambahkan cumi dan udang, masak sampai berubah warna.
  2. Masukkan nasi merah, cabai rawit merah, cabai hijau, dan cabai merah, aduk rata. Tambahkan kecap ikan, kecap asin, garam, dan lada, aduk sampai rata. Cicipi rasanya apakah sudah pas atau belum.
  3. Ambil selembar daun pisang, taruh nasi beberapa sendok, bungkus, semat atasnya dengan lidi. Bakar pepes nasi merah di atas bara api atau wajan anti lengket atau grill barbeque sampai daun agak kering dan baunya harum.
IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic