Kamis, 07 Januari 2016

Ayam Goreng Penyet, Pedasnya Super Nendang!

Sebagai pencinta pedas, ayam goreng penyet ini adalah salah satu menu andalan saya di kala galau. Galau karena mikirin kerjaan sini belum beres-kerjaan sana belum beres, belum kerjaan yang ituh belum yang inih, ah daripada mumet mending makan yang pedas-pedas, keluar keringet perut kenyang pikiran pun biasanya kembali oke. Maklum, mikir dalam keadaan lapar itu memang berat.

alt Ayam Goreng Penyet
Ayam Goreng Penyet
Untuk ayam Anda bisa menggunakan ayam negeri, ayam kampung, atau ayam pejantan. Bisa disesuaikan dengan selera dan isi dompet. Ayamnya diungkep terlebih dahulu lalu digoreng. Siapkan bahan sambal penyetnya, tumis sebentar. Ayam yang masih hangat baru digoreng tadi letakkan di atas cobek, tambahkan sambal penyet di atasnya, lalu penyet-penyet dengan menggunakan ulekan sampai terdengar bunyi gemerutuk dari tulang ayamnya sehingga sambal penyet bisa meresap ke dalam ayam. Tulang ayam yang tercampur dengan sambal penyet itu luar biasa enaknya, saya kalau menyantap menu ayam goreng penyet ini bisa sampai dijilatin sampai titik penghabisan, nggak boleh ada daging ayam yang tertinggal sedikit pun.

Di dalam resep ayam goreng penyet ini saya menggunakan cabe rawit dalam jumlah banyak, kurangi takaran cabe rawit jika Anda tidak suka pedas, tambahkan cabe rawit jika Anda penggemar super pedas. Santap ayam goreng penyet dengan pelengkap seperti tahu tempe goreng dan lalapan, jangan lupa siapkan nasi hangat sebakul. Berikut resep ayam goreng penyetnya ya...

Bahan:
Minyak untuk menggoreng secukupnya
1 kg ayam, potong menjadi 6 bagian
2 sdm air jeruk nipis
1 batang serai bagian putih, memarkan
2 lembar daun salam
1 sdt gula pasir
500 ml air

Bumbu ayam, haluskan:
4 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
1 ruas jari kunyit
3 cm jahe
3 butir kemiri, sangrai
4 cm lengkuas
1 sdt garam

Bumbu sambal penyet:
1 batang serai, ambil bagian putihnya, geprek
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, geprek
2 sdm minyak sayur
1 sdt air jeruk nipis

Tumbuk kasar:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
10 buah cabe merah keriting
15 buah cabe rawit merah
1 sdt terasi bakar/goreng
½ sdt garam atau secukupnya
½ sdt gula pasir

Pelengkap:
Kerupuk
Tempe goreng
Tahu goreng
Lalapan seperti daun kemangi dan timun

Cara membuat:
  1. Cuci bersih ayam, siram dengan air jeruk nipis, aduk-aduk agar seluruh bagian ayam terkena air jeruk nipis.
  2. Dalam wajan khusus mengungkep ayam, campur ayam, bumbu halus, daun salam, serai, gula pasir, dan air, aduk-aduk, lalu masak ayam hingga air menyusut. Gunakan api sedang agar bumbu dapat meresap dan ayam empuk.
  3. Sambal penyet: tumis bumbu yang ditumbuk kasar dengan 2 sdm minyak sayur, tambahkan serai, daun salam, lengkuas, masak hingga tercium harum. Masukkan 1 sdt gula pasir dan garam, aduk rata. Tuangkan air jeruk nipis, aduk-aduk lagi. Cicipi rasanya, tambahkan gula jika kurang manis, atau tambahkan garam jika kurang asin. Angkat sambal jika rasa sudah pas.
  4. Goreng ayam yang sudah diungkep tadi, taruh di atas cobek, tambahkan di atas ayam sambal penyet, penyet-penyet dengan ulekan. Sajikan dengan nasi hangat dan pelengkapnya.

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic