Rabu, 06 Januari 2016

Cumi Bakar Saus Padang Bikin Nagih

Kali ini saya akan posting yang masih berhubungan dengan masakan yang dipanggang. Cumi bakar saus padang. Cumi ini cukup saya panggang di grill barbeque, apabila alat ini tidak ada di rumah Anda, dengan wajan anti lengket juga bisa digunakan. Jangan lupa untuk memberi olesan mentega atau minyak sayur pada grill atau wajan.

alt Cumi Bakar Saus Padang
Cumi Saus Padang ala Dapur Nulekker
Saus padang biasanya dipakai untuk memasak seafood. Seafood yang digunakan bisa cumi, udang, dan kepiting, semuanya lezat. Tadinya sih pengen beli udang, udang lobster, cuma syok juga liat harga sekilonya berapa, 200 ribuan lebih. Nantilah obsesi masak lobster dengan saus padang disimpan dulu di mimpi, hehehe. Jatuhlah pilihan saya pada cumi yang berukuran besar. Harganya tidak terlalu membuat jantung deg-degan, membeli dua ekor cumi berukuran besar sekitar 35 ribu, masih bersahabat dengan isi dompet. Agar tekstur cumi tidak alot, masak cumi sebentar saja, sekitar 3 menitan, kalau terlanjur kelamaan, masak cumi hingga 30 menit, cumi akan empuk kembali.

Saus padang menggunakan beberapa saus botolan seperti saus tomat, saus cabai, dan saus tiram. Saus juga ada yang dijual dalam kiloan, cuma saya kurang suka jika menggunakan saus kiloan, rasanya tidak seenak saus botolan yang ada di supermarket. Jika saus padang yang diinginkan pedas, Anda bisa menambahkan cabe rawit merah sesuai selera. Penambahan jahe pada saus padang bisa mempertahankan cita rasa pedasnya, suapan pertama sampai terakhir pedasnya sama.

Bahan:
1 kg cumi segar berukuran besar
1 buah bawang bombay, iris tipis
7 butir bawang merah, iris tipis
150 ml air
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
2 sdm minyak untuk menumis
1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Saus Padang:
4 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, cincang halus
5 buah cabe rawit merah, iris tipis (optional)
5 sdm cabai merah yang dihaluskan
4 sdm saus tomat botolan, siap pakai
4 sdm saus cabai botolan, siap pakai
2 ½ sdm saus tiram, siap pakai
½ sdt garam

Cara Membuat:
  1. Bersihkan cumi, potong bulat, lalu lumuri cumi dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit agar tidak amis. Sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe, dan bawang merah sampai harum, tambahkan cabe merah giling dan cabe rawit. Aduk rata. Tuangkan air, aduk-aduk lagi.
  3. Masukkan saus tomat, saus cabai, dan saus tiram, aduk rata, tambahkan cumi. Tuangkan garam, aduk hingga semua bumbu merata dengan cumi. Masak cumi sekitar 3 menitan, jangan terlalu lama. Cicipi rasanya sudah pas atau belum.
  4. Tambahkan larutan maizena untuk mengentalkan saus.  Aduk rata, angkat segera.
  5. Panaskan grill atau wajan anti lengket, oleskan sedikit mentega atau minyak sayur, bakar potongan cumi sebentar saja, sekitar 1 menit, bolak balik, angkat.
  6. Sajikan cumi bakar bersama saus padangnya.

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic