Selasa, 27 September 2016

Bakwan Mini Pofferjes


Beberapa minggu kemarin, sempat lihat ibu mertua sedang membuat bakwan, “Ini bakwan favorit karena dulu waktu Ibu gadis, ada penjual bakwan seperti ini di daerah Sukajadi Bandung, bakwannya enak banget, laku, banyak yang suka” selorohnya. Saya sendiri batu tahu sih, cara membuat bakwannya sendiri terbilang tradisional, menggunakan sendok sayur untuk mencetak bakwan bulatnya. Padahal sekarang sudah ada kan cetakan bakwan ya, hehe, “Ah, enakan bikin gini kaya penjualnya dulu, tradisional” kata ibu mertua. Tumisan sayuran sebagai bahan isian bakwan ini terdiri atas irisan wortel, buncis, dan labu siam yang ditumis dengan irisan bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Bumbunya cukup menambahkan garam dan gula pasir. “Selama tinggal di Palembang 30 tahun lebih suka kangen sama bakwan ini, suka bikin sendiri jadinya, ngga tau deh pedagang yang jualan dulu di Sukajadi masih ada atau ngga,” kata bumer.

Sendok sayur ini dipanaskan terlebih dahulu di minyak penggorengan, kata bumer sih ini biar memudahkan kita nanti mencetak bakwannya, nggak nempel. Setelah panas, tuangkan adonan terigu sedikit dulu, diputer-puter agar alas sendok sayur tertutup terigu, isikan tumisan sayuran, tuangkan lagi adonan terigu sampai menutupi tumisan sayuran, lalu goreng dalam minyak banyak sampai warnanya kecoklatan. Digoreng dalam minyak banyak karena agar bagian dalam adonannya matang, nggak mentah. Berikut ini tahapan membuat bakwan ala bumer.

alt tahapan membuat bakwan

Nah, bakwan yang biasa dibuat ibu mertua ini saya ikutin juga karena anak-anak menyukainya, bisa sebagai menu berbuka puasa juga. Rasanya memang manis dibandingkan bala-bala yang cenderung asin. Disajikan dengan saus kacang atau saus cuko lebih mantap. Kalau ala saya, bakwan ini saya cetak dengan alat cetakan pofferjes pan, lebih kecil bentuknya, sekali suap, hap, langsung abis. Suami lebih suka bakwan ukuran pofferjes ini dibanding yang berukuran besar. Kalau yang kecil nggak kerasa makannya, kalau yang gede, udah liat aja bawaannya berasa kenyang katanya.

Berhubung sekarang ada Tepung Sasa khusus Bakwan, saya gunakan tepung ini sebagai bahan dasarnya, lebih praktis, garing, dan rasanya enak. Tinggal tambahkan telur, serta menyiapkan bahan tumisan sayurannya. Anda bisa berkreasi sendiri untuk bahan sayurannya sesuai selera, bisa juga ditambahkan ayam atau daging cincang supaya rasanya lebih sedap. Berikut resep lengkapnya ya...

Bahan:
200 gram tepung Sasa khusus Bakwan
1 butir telur
150 ml air atau secukupnya
75 gram buncis
75 gram wortel
75 gram, jagung manis
75 gram labu siam
1 batang daun bawang
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
½ sdt garam
1 sdt gula pasir
2 sdm minyak sayur untuk menumis

Cara Membuat:
  • Potong-potong kecil buncis, wortel, jagung manis, dan labu siam, sisihkan. 
  • Iris tipis bawang putih, bawang merah, dan daun bawang, sisihkan.
  • Dalam sebuah wadah, masukkan tepung Sasa khusus Bakwan, air, telur, aduk rata.
  • Dalam sebuah wajan, tumis bawang putih, bawang merah, dan daun bawang dengan sedikit minyak, aduk rata sampai tercium harum.
  • Masukkan sayuran seperti wortel, buncis, labu siam, dan jagung manis, aduk rata. Jika hendak menambahkan daging atau ayam cincang, masukkan setelah menumis bawang tadi baru masukkan sayuran. Masukkan garam, gula pasir, aduk-aduk lagi. Masak hingga matang. Cicipi rasanya sebelum diangkat.
  • Panaskan cetakan pofferjes, jangan lupa semprotkan minyak sayur ke seluruh lubang cetakan agar adonan tidak menempel. Tuangkan satu sendok makan adonan terigu, masukan satu sendok teh tumisan sayur tadi, tutup kembali dengan satu sendok makan adonan terigu.
  • Setelah adonan setengah matang, pindahkan cetakan bakwan pofferjes ke wajan pengggorengan, goreng dalam tertutup minyak agar matang bagian dalamnya, goreng hingga kecoklatan. Angkat.
  • Bakwan mini pofferjes ini bisa disajikan dengan saus kacang/saus cuko/saus tomat/saus sambal/cabai rawit.
alt tahapan membuat bakwan pofferjes

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic